Minggu, 08 Desember 2013

Hari ke-6: Kep. Komodo – Labuan Bajo, 16 Des 2012



Pagi hari setelah menyelesaikan sarapan, kami semua langsung menuju pintu masuk Pulau Komodo, yang dikenal dengan nama Loh Liang. Pintu masuk pulau ini tampak lebih cantik dibanding Rinca. Hampir sama seperti di Rinca, petugas meminta kami untuk memilih jalur trekking. Berikut pilihannya: (1) trek ringan selama 1 jam, (2) trek sedang sekitar 1,5jam, (3) trek berat selama 2jam, (4) trek petualang selama 6jam.

Di hari kedua trekking komodo, kami kembali menaiki sebuah bukit. Spot yang amat terkenal bernama Sulphurea Hill. Namun sayang, pemadangan indahnya dinodai oleh sebuah baliho besar yang disponsori oleh TELKOMSEL. Huuuuuu, nyebelin banget, sih! Sebagai informasi aja, di sepanjang pulau Flores, memang hanya Telkomsel yang memiliki sinyal. 



Atas: pintu masuk ke Pulau Komodo
Bawah: Sulphurea Hill

Sejauh ini, trekking di pulau Komodo ternyata tidak terlalu mengerikan. Entah karena perilaku komodo yang sedang anteng, atau karena tidak terlalu banyak komodo yang terlihat atau karena sudah berpengalaman trekking di Rinca kemarin? Sampai-sampai Emil dan gue jalan duluan dan sempat terpisah dengan rombongan. Lho? Sempat lupa nih kalau komodo bisa saja sedang berada di dekat situ... Seorang Ranger yang sedang membawa rombongan kecil menegur, dia meminta agar kami kembali pada rombongan dan tidak mengijinkan untuk kami ikut masuk dalam pengawalannya. Kalau dipikir-pikir, bahaya juga ya kalau lengah seperti ini.

Selesai ber-trekking ria, kami sempat duduk di sebuah restoran yang masih di dalam  area P. Komodo. Restoran (dan juga semua bangunan lainnya) berupa rumah panggung. Oleh karena itu, bersiap-siaplah melihat kumpulan komodo yang sedang asyik bersantai di bawah rumah panggung tersebut. Disini adalah area yang paling mudah jika kamu ingin berfoto dengan sang naga. Jangan lupa minta Ranger untuk menjaga ya!



Dermaga Loh Liang (pintu masuk ke Pulau Komodo)

Suasana saat trekking di pulau komodo


Saat menuju keluar kembali ke kapal, terdapat jejeran warung penjual souvenir. Waah, boleh juga nih. Pilihan dijatukan pada magnet kulkas yang terbuat dari ukiran kayu berbentuk komodo. Hasil tawar menawar, Rp25,000,- untuk 2 buah. Begitu kami hampir mendekati kapal, seekor komodo tampak melintas di pantai. Teman-teman sibuk menjepret dengan kameranya masing-masing. Tetep ya gak bosen-bosen? Melihat hal ini, seorang Ranger menawarkan apakah kami ingin melihat Komodo datang bergerombol? Caranya dengan membeli daging dan mengangin-nganginkan di udara…harapannya agar komodo dari berbagai arah akan datang dan saling berebutan makanan. Tentu ini tidak mudah dan  membutuhkan jumlah Ranger yang cukup banyak. Kami pun menolak tawaran tersebut. 

Sedekar informasi, kalau kalian tidak mau menyewa  kapal, cukup datang ke Pulau Komodo dengan kapal regular dengan biaya yang terjangkau. Hanya beberapa puluh ribu saja, kok. Disini juga tersedia penginapan. Ada yang tertarik?

Lanjut ke karang makasar, yang merupakan spot snorkeling dimana kita bisa berenang bersama Manta. Manta itu mirip (atau memang sama, ya?) dengan ikan Pari. Di dekat sinilah momen dimana Malkus, Susan dan Bram tidak bisa kembali ke kapal karena arus bawah yang terlalu kuat untuk ditambah jarak yang sudah lumayan jauh. Terpaksa sebuah kapal diutus untuk menjemput mereka bertiga. Ckckck, nyusahin ya lo pada :p

Berikutnya adalah Pulau Kanawa. Kami berlayar pada sisi dimana lautan tidak dibatasi oleh deretan pulau. Oleh karena itu, hanya disini saja kami sempat merasakan ombak. Jangan bayangkan ombak besar, ya! Hanya saja, berlayar selama 2 hari di air yang begitu tenang memberikan kesan tersendiri.

Di Pulau Kanawa banyak terdapat penginapan, mulai dari kamar hingga tenda. Tapi bisa bayangin gak panasnya siang hari bolong di tenda? Yaudah, gue gak bakal banyak bacot deh, liat aja nih foto-fotonya……


Dermaga di Pulau Kanawa


Dari atas Pulau Kanawa


Sore yang sendu, kami harus kembali ke Bajo. Besok, kami harus segera kembali ke aktivitas masing-masing. Selamat tinggal, Flores!

Satu hal tentang liburan kali ini: Flores….. Awesome destination, awesome weather, awesome friends = AWESOME VACATION.


NB: Foto-foto diatas adalah koleksi dari rekan-rekan seperjalanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar